Ayo bergabung bersama Kami, Komunitas Sehat Synergy!

Misi kami sangat sederhana, yaitu membantu Anda mendapatkan kesehatan berkualitas sekaligus memberikan kesempatan kepada Anda untuk membantu banyak orang menjadi lebih sehat. Sebuah misi mulia yang akan membuat dampak besar kepada hidup Anda dan lingkungan orang-orang yang Anda cintai. Saatnya Anda buat hidup Anda lebih bermakna dan bermanfaat buat hidup banyak orang.


Artikel Kesehatan

7 Cara mudah perbanyak minum air putih setiap hari

Semua orang tahu betapa pentingnya air putih bagi kesehatan tubuh. “Minum banyak air putih setiap hari,” adalah saran yang umum didengar, tetapi tampaknya masih banyak orang yang tidak mengindahkannya. Minum air putih sepertinya lebih dianggap sebagai suatu kewajiban yang membebani daripada kebiasaan yang menyehatkan, entah karena alasan terlalu sibuk atau tidak suka dengan rasanya.

Jika sampai sekarang memenuhi kebutuhan cairan masih menjadi tantangan bagi Anda, ikuti tips memperbanyak minum air putih berikut ini demi kesehatan dan kebugaran Anda.

  1. Ciptakan Rutinitas
    Cara tercepat untuk menjadikan minum air putih sebagai kebiasaan adalah dengan membentuk rutinitas sehingga otak Anda “terprogram” untuk tidak melewatkannya. Ini sama halnya dengan, misalnya, mencuci tangan sebelum makan dan menyikat gigi sebelum tidur. Mengusahakan diri untuk minum air putih di waktu yang sama (atau bahkan di tempat yang sama) setiap hari, atau menyisipkannya di antara dua kegiatan sehari-hari, akan mempermudah Anda memperbanyak konsumsi cairan secara teratur dan otomatis.

    Berikut adalah beberapa contoh jadwal minum air putih yang bisa Anda ikuti:
    Minum air begitu bangun—dan sebelum tidur. Siapkan satu gelas air putih di meja samping tempat tidur, dan teguk habis air tersebut sebagai hal pertama yang Anda lakukan begitu bangun di pagi hari. Minum juga segelas air setiap Anda akan pergi tidur di malam hari. Lebih baik lagi, sediakan satu botol air putih di kamar tidur sehingga Anda bisa langsung minum jika terbangun di malam hari.

    Minum air sebelum makan. Minum air hanya sehabis makan akan membuat jumlah cairan yang Anda konsumsi menjadi tidak maksimal karena perut telah kenyang dengan makanan. Selalu minum segelas air putih setiap sebelum makan, dan minum segelas lagi sehabis makan, terutama jika Anda merasa ingin menambah makanan. Cara ini juga bermanfaat untuk mengendalikan porsi makan dan menjaga berat badan Anda.

    Minum air setelah minum kopi—atau soda, jus, dan teh. Meskipun air putih menyehatkan, Anda tetap akan mengonsumsi minuman lain di sepanjang hari. Dorong diri Anda untuk minum segelas kecil air putih sebelum atau sesudah Anda mengonsumsi jenis minuman lainnya. Pesan juga air putih di saat Anda memesan Americano atau smoothie di restoran atau café, dan minum segelas besar air putih sebelum Anda berangkat untuk menghadiri pesta di mana alkohol disediakan.

    Minum air setelah dari toilet. Biasakan diri untuk berhenti di dapur untuk minum air putih setiap kali Anda pergi ke kamar mandi. Lakukan ini juga di setiap saat Anda selesai pergi ke toilet di luar rumah, baik itu di kantor ataupun di tempat umum. Anda juga bisa membuat jadwal untuk “mampir” minum air putih setiap Anda menyelesaikan satu pekerjaan dan sebelum memulai aktivitas berikutnya.
     
  2. Minum dari wadah
    Minum dari gelas atau botol yang besar memungkinkan diri Anda untuk minum lebih banyak dalam satu waktu sehingga mempermudah tercapainya target 8 gelas atau 3 liter air dalam sehari.

    Ada beberapa orang yang malas untuk mengisi ulang gelas mereka meskipun masih merasa haus setelah meneguk gelas pertama. Terlebih lagi, jika Anda memilih untuk minum dari botol, bayangan harus menghabiskan, misalnya, 8 botol (kecil) akan lebih membebani daripada 3 botol besar air.

    Jika ada gelas besar khusus yang biasa Anda gunakan untuk minum di rumah, bawalah gelas tersebut ke kantor sehingga kebiasaan minum air putih Anda terjaga sepanjang hari.

  3. Tambahkan Perasa

    Air putih memang bisa terasa hambar bagi sebagian orang, dan bahkan membuat sebagian lainnya merasa mual dengan ketiadaan rasanya. Namun, daripada meneguk es teh atau minuman manis lainnya setiap kali Anda merasa haus, cobalah untuk mengakali rasa air putih dengan menambahkan irisan buah segar.

    Anda bisa menggunakan irisan buah citrus, berry, semangka, ataupun mangga untuk ditambahkan ke dalam jar air putih dan memasukkannya ke dalam lemari pendingin untuk jatah satu atau dua hari. Cara ini bisa menyamarkan rasa “polos” dari air putih sehingga tidak ada lagi alasan bagi Anda untuk menghindari cairan sehat ini karena rasa tidak sedapnya.

  4. Bawa Botol Air Kemanapun

    Daripada mengandalkan air putih yang tersedia di tempat tujuan Anda, bawalah botol minum sendiri dari rumah. Menghindari kebiasaan membeli air mineral botolan juga akan berdampak baik bagi lingkungan dan keuangan Anda.

    Dengan memiliki botol air siap di tangan, Anda bisa dengan mudah minum di saat haus ataupun ketika sudah jadwalnya bagi Anda untuk minum, dan mengisi ulang botol tersebut di tempat terdekat.

    Belilah botol minum yang cukup besar dengan desain yang menarik bagi Anda, atau botol air yang simpel dan mudah dibawa. Sebagian orang memilih botol minum transparan dengan penanda mililiter karena mereka menyukai visual berapa banyak air yang sudah dan yang akan diminum.

    Sebagian yang lain bahkan memilih untuk membeli beberapa jenis botol minum dengan variasi desain, warna, dan dekorasi untuk menyemangati diri demi tercapainya target minum harian.

     

  5. Tetap aktif secara fisik

    Tips ini secara khusus bermanfaat bagi mereka yang harus duduk bekerja sepanjang hari dan menatap layar komputer untuk waktu lama. Penting untuk tetap aktif secara fisik setiap harinya sehingga Anda terhindar dari resiko banyak penyakit, seperti diabetes dan obesitas. Dorong diri Anda untuk beranjak dari kursi setiap satu atau dua jam sekadar untuk pergi ke toilet atau meluruskan kaki dengan melakukan peregangan dan sedikit berjalan. Dan setiap kali Anda beranjak dari meja kerja Anda, ingatlah untuk membawa serta gelas atau botol air Anda untuk minum dan mengisinya ulang. Dengan mengaitkan dua aktivitas ini, tubuh Anda akan tetap aktif dan terhidrasi sepanjang hari.

  6. Manfaatkan aplikasi Smartphone

    Di jaman modern ini, tersedia banyak aplikasi di ponsel yang memungkinkan Anda untuk keep-in-track dengan jumlah air yang telah Anda konsumsi dan berapa banyak lagi yang harus diminum untuk mencapai target dalam sehari.

    Donwload aplikasi Carbodroid (Android) atau Daily Water Free (iPhone) di smartphone Anda. Aplikasi ini akan mengingatkan Anda jika sudah waktunya untuk menghidrasi ulang diri Anda dengan alarm yang berbunyi sekitar setiap dua jam, atau pada waktu yang Anda inginkan.

    Bagi Anda yang belum terbiasa bangkit berdiri untuk minum dengan kesadaran sendiri, dan untuk mereka yang terbiasa mengandalkan teknologi dalam kehidupan sehari-harinya, aplikasi ini dapat sangat bermanfaat sebagai pengingat pribadi Anda untuk selalu minum air putih.

  7. Konsumsi makanan tinggi cairan

    Cara terakhir untuk memastikan tubuh tetap terjaga hidrasinya adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan dengan kandungan air yang tinggi. Buah-buahan dan sayuran tinggi air sangat berguna bagi kesehatan dan bisa dijadikan sumber penambah cairan tubuh.

    Daripada makan kue manis atau biskuit coklat, konsumsilah buah-buahan sebagai makanan penutup. Dengan diet kaya akan buah-buahan dan sayuran, disertai dengan asupan air putih yang memadai, tubuh Anda tidak akan kekurangan cairan sehingga tetap sehat dan bugar sepanjang hari.

DAPATKAN ARTIKEL KESEHATAN DAN DETOX GRATIS!